Sejarah Tuhan (Terjemahan) Gold Edition


sumber gambar
Penulis: Karen Armstrong
Penerjemah: Zaimul Am
Penyunting: Yuliani Liputo
Tebal buku: 673 hal
Penerbit: Mizan
ISBN: 978-979-433-614-4












blurb
Sejarah Tuhan adalah kajian lengkap tentang Tuhan yang paling populer sejak publikasi pertamanya pada dekade terakhir abad ke-20. Ditulis oleh Karen Armstrong, komentator masalah agama terkemuka asal Inggris. Buku ini melacak sejarah persepsi dan pengalaman manusia tentang Tuhan sejak zaman Nabi Ibrahim hingga masa kini. Selain merinci sejarah tiga agama monoteistik: Yahudi, Kristen, dan Islam, buku ini juga menampilkan tradisi Buddha, Hindu, dan Konfusius. Evolusi keyakinan manusia tentang Tuhan dilacak dari akar-akar kunonya di Timur Tengah hingga sekarang.
Melalui narasi yang gurih, ia mengajak kita menelusuri filsafat klasik dan mistisisme. Abad pertengahan hingga era reformasi, pencerahan, dan skeptisisme zaman modern. Tak berlebihan jika dikatakan Karen Armstrong telah melakukan upaya luar biasa menyuling sejarah intelektual monoteisme ke dalam satu buku yang memikat dan enak dibaca seperti ini.

~~~

Karen Armstrong, penulis buku ini, dulunya adalah seorang biarawati yang kemudian meninggalkan ordonya. Kini ia lebih dikenal sebagai pemerhati komentataor agama-agama dunia. Banyak buku tentang agama yang sudah diterbitkan, salah satunya Sejarah Tuhan yang akan dibahas kali ini. Sejarah Tuhan mengupas sejarah tiga agama monoteisme terbesar, yaitu Yahudi, Kristen dan Islam yang mana mulai mengalami perubahan konsep Tuhan yang sangat beragam. Adapun penyebab hal itu adalah adanya kelompok-kelompok yang mengonsepsikan menurut perspektifnya.

Yang perlu ditekankan di sini adalah Sejarah Tuhan tidak membahas asal mula keberadaan Tuhan di tiga agama tersebut, melainkan membahas sejarah persepsi umat manusia tentang Tuhan sejak era Ibrahim hingga hari ini.

Poin-poin yang dibahas dalam buku ini meliputi:
1. Konsepsi Yahudi tentang Allah
2. Evolusi konsepsi Kristen tentang Tuhan dan trinitas dalam tradisi timur dan barat
3. Pendekatan filosofis gagasan tentang Allah, dan hubungan mistis dengan Tuhan
4. Gagasan Kematian Tuhan
5. Gagasan tentang Tuhan di dunia pascamodern

Poin-poin tersebut diusulkan oleh moderator Sejarah Tuhan, Kak Inoy dan Bang Pio saat diskusi di grup Whatsapp. Di review ini saya berusaha mengulik informasi dari diskusi. Terus gelap, saya sudah beli bukunya dan mencoba membacanya kok ya otak keburu lelah.

Monotoiesme atau kepercayaan akan adanya satu Tuhan adalah konsep pertama manusia. Pada agama Yahudi dijelaskan bagaimana agama itu datang dengan konsep Tuhan yang Maha Esa. Pada masanya nanti akan ada banyak Tuhan (Dewa).

Kronologi Konsepsi Tuhan dan Trinitas berawal dari motif politik Kaisar Konstantin untk melenggengkan kekuasaannya dengan memotori penyelenggaraan Konisili Nicea. Para uskup dari berbagai penjuru dikumpulkan untuk menyepakati Trinitas, dosa waris, kewenangan gereja, dan dogma lainnya. Kesepakatan tersebut menjadi ajaran utama dari umat kristiani dan menghapus kepercayaan aslinya.

Agama Islam sendiri bermula dari ajaran tauhid yang diturunkan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad di Gua Hira. Malaikat Jibril menjelaskan bahwa agama ini adalah berbeda dengan agama-agama sebelumnya, dan merupakan agama yang penuh dengan rasionalitas.

Terdapat berbagai pandangan dari tokoh maupun sekte yang dibedakan menjadi kaum filosof, kaum mistik, dan kaum reformis. Konsep Tuhan dari para filosof lebih dijelaskan di buku ini di bab 6.

Kematian Tuhan menjadi sebuah gagasan saat adanya kemajuan teknologi yang membuat keberadaan Tuhan menjadi kabur karena tidak adanya rasionalitas tentang Tuhan.

Dunia pascmodern, di era milenium ktiga, pandangan manusia tentang Tuhan dihadapkan dengan berbagai pemikiran seperti sekulerisme yang menggantikan posisi agama. Menurut Armstrong, agama tidak tampak relevan karena banyak yang mengira bahwa manusia tidak dikelilingi oleh makhluk gaib.

***

Buku ini lumayan tebal dan membuat saya mabok saat berusaha memahami bab pertama. IYA, baru bab pertama sudah mabok. Untuk memperjelas pemahaman, di awal buku ini disajikan peta persebaran ketiga agama monoteisme ini.

Sekiranya saya cukupkan review singkat ini. Maklum saya tidak berani menulis banyak-banyak karena belum membaca sampai tuntas. Jadi cukuplah review singkat dari Kak Inoy dan Bang Pio.

Review ini merupakan proyek Monthly Book Review Challenge Klub Buku Indonesia 2015  #MBRCKBI2015 yang digagas oleh Klub Buku Indonesia (KBI). Sejarah Tuhan merupakan buku yang dibahas pada bulan April.

Terima kasih kepada Kak Inoy dan Bang Pio sebagai duet moderator dalam bahasan Sejarah Tuhan, teman-teman KBI yang juara mantengin hp demi mengerti buku ini, serta pembaca setia blog saya.



sekian~~


0 komentar :

Posting Komentar

Back to Top